Sunday, February 14, 2016

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

Advertisement

Terkadang ada saja yang membuat kita merasa tidak nyaman dengan pekerjaan saat ini, entah itu karena atasan, teman kantor, maupun gaji yang tidak sesuai. Hal ini membuat kita ingin mengundurkan diri, namun kita tidak ingin menyinggung perasaan atasan, oleh karena itu kita harus punya alasan yang sesuai.

Bagi semua orang pekerjaan dengan gaji yang baik, serta lingkungan kerja yang nyaman menjadi nomor satu pasti, oleh karena hal itu banyak orang walaupun sudah bekerja tetapi mereka masih juga mencari kerja harapannya mendapat yang lebih baik dari yang sedang dijalaninya.

Hal itu tidak bisa dipungkiri karena kebutuhan hidup yang terus meningkat dari tahun ke tahun tentu membutuhkan pemasukan yang lebih besar, nah jika anda sudah menemukan pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan anda saat ini tentunya anda akan keluar atau mengundurkan diri dari pekerjaan anda sebelumnya, jika anda mengundurkan diri pasti anda diharuskan membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan anda.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Surat Pengunduran Diri adalah sebuah gambaran untuk membuat surat pernyataan bahwa seseorang mengundurkan dari pekerjaanya. Dan untuk alasanya bisa beragam mulai dari karena masa kontrak sudah habis atau hal-hal yang bersifat pribadi dimana mengharuskan anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan. Pada dasarnya surat pengunduran diri dibuat secara resmi agar ketika pengajuanya bisa diterima secara baik. Karena belum tentu seseorang mengajukan surat pengunduran dan serta merta langsung bisa disetujui oleh pihak perusahaan. Pastinya mereka akan melihat beberapa alasan penting yang mempengaruhi anda kenapa harus memutuskan untuk resign (keluar dari pekerjaan).

Faktor Seseorang Mengundurkan Diri dari Perusahaan

Banyak faktor yang membuat seseorang harus mengundurkan diri dari perusahaan yang mungkin sudah lama menjadi tempatnya mengais rezeki untuk diri sendiri dan keluarganya, seperti ingin mengubah nasib dengan cara menjadi pengusaha meskipun mulai dari nol. Jika dulu dirinya harus bekerja keras mempersiapkan Contoh CV untuk melamar kerja, kini dirinya harus mempertimbangkan secara matang terkait keinginannya untuk melakukan resign, aku pikir ini merupakan keputusan yang memang berat terlebih lagi jika kita belum memiliki cadangan untuk mempersiapkan pekerjaan ataupun usaha kedepannya.

Memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan yang selama ini menjadi rutinitas kita sehari-hari selama beberapa tahun mungkin sebuah keputusan yang tidak mudah, terlebih lagi jika Anda merasa harus menghadapi berbagai resiko yang akan Anda terima jika mengundurkan diri. Meski begitu, kita harus percaya dan yakin bahwa orang sukses adalah orang yang berani menghadapi apapun resikonya dan pantang menyerah terhadap apapun yang terjadi. Untuk menjadi sosok yang lebih baik dalam bidang apapun, seperti halnya soal pekerjaan tentunya kita harus berani mengambil resiko. Karena hanya orang-orang yang berani mengambil resiko yang Insya Allah akan meraih sukses.

surat pengunduran diri, surat pengunduran diri kerja, surat pengunduran diri karyawan, surat pengunduran diri resmi, surat pengunduran diri dari perusahaan, surat pengunduran diri doc, surat pengunduran diri bahasa inggris, surat pengunduran diri dari sekolah, surat pengunduran diri dari pekerjaan, surat pengunduran diri dari organisasi
Surat Pengunduran Diri

Format Surat Pengunduran Diri

Sebelum ke pembahasan lanjutan untuk Contoh Surat Pengunduran Diri ini, anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu pengisiannya seperti apa, dari isi suratnya harus jelas dan tidak bertele – tele, kemudian pada alasanya tuliskan secara singkat padat dan jelas, dan pada akhir kalimat bisa anda tambahkan ucapan terima kasih pada perusahaan atau pimpiana dan karyawan lainya untuk menghormati dan cantumkan juga permohonan maaf karena tidak bisa melanjutkan kerja sama dengan pihak terkait. Hal ini juga mewakili pekerjaan yang pernah anda lakukan dengan adanya kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja. Bagi Anda yang baru saja melamar kerja tentunya mengundurkan diri dari perusahaan merupakan pilihan yang cukup berat.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik

Ngomong-ngomong tentang membuat contoh surat pengunduran diri kerja banyak orang yang mungkin bingung dan belum tahu cara membuatnya walapun ketika kita sekolah pernah di ajarkan oleh guru kita saya masih ingat betul diajarkan mengenai cara membuat surat ini, nah melalui artikel ini admin mencoba berbagi pengalaman tentang membuat surat pengunduran diri yang baik dalam bahasa indonesia sesuai pengalaman pribadi saya tentunya karena saya juga sudah mengalaminya lebih dari 4 kali kalau tidak salah. silahkan anda simak paparan berikut.

Sebelum anda keluar kerja sebaiknya anda berfikir dengan matang terlebih dahulu agar kelak anda tidak menyesalinya. Serta berpamitan kepada semua rekan kerja dan atasan anda dan usahakan tetap jaga hubungan baik dengan mereka. Dan sebelum keluar anda harus sudah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu jadi setelah anda keluar anda bisa langsung bekerja tanpa ada masa menganggur.

Jangan lupa bagikan dan share ke teman-teman kamu, mungkin ada di antara teman kamu yang belum tahu dan masih bingung dalam membuat surat pengunduran diri. Semoga dengan membagikan artikel ini bisa membantu mereka.

Surabaya, 12 Juni 2015

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Setia Jaya Label
Jl. Gatot Pri Irianton No 12-16
Surabaya

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Budi Permono bermaksud mengajukan pengundurkan diri dari PT. Setia Jaya Label sebagai Manajer produksi, terhitung dari tanggal 12 Juni 2015. Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah di berikan kepada saya untuk berkarier di PT. Setia Jaya Label. 

Saya juga memohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh karyawan PT. Setia Jaya Label apabila selama bekerja di PT. Setia Jaya Label mempunyai kesalahan yang saya perbuat baik itu disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Saya berharap PT. Setia Jaya Label semakin berkembang dan maju. Demikian surat pengunduran diri ini saya ajukan, atas perhatian yang di berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( Tanda tangan anda )

Budi Permono

==========================================================

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Jakarta, 2 Januari 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Pasti Bisa
Alamat Perusahaan
…..

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Agung Kasep bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Pasti Bisa sebagai manager, terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2015 dengan alasan kesehatan dan keluarga (sebutkan alasan lain sesuai dengan kondisi anda tidak perlu terlalu detail dan jangan mengungkapkan kekesalan Anda selama bekerja di perusahaan tersebut). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Pasti Bisa. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Pasti Bisa apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja di perusahaan yang saya cintai ini.

Saya berharap selalu, PT. Pasti Bisa dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik. Demikianlah surat ini saya buat sebaik-baiknya dan semoga disetujui oleh pihak PT. Pasti Bisa. Sekali lagi, saya mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya.


Hormat Saya,


Agung Kasep


Jadi pada intinya Contoh Surat Pengunduran Diri dibuat tidak hanya dibuat untuk pengunduran kerjasama dengan pihak terkait tapi juga menunjukkan kesopanan anda saat bekerja, sehingga bisa terjalin hubungan yang baik walau anda telah memutuskan pekerjaan melalui surat pengunduran diri dan dapat meninggalkan kesan positif di perusahaan tersebut. Nama pribadi dan perusahaan tersebut bisa diganti sesuai dengan data diri dan juga kondisi Anda. Semoga bisa dijadikan referensi dan pengetahuan luas dalam pembuatan surat pengunduran diri. Semoga berguna untuk karir Anda. 

Beberapa pencarian yang sesuai dengan artikel:
  1. surat pengunduran diri,
  2. surat pengunduran diri kerja,
  3. surat pengunduran diri karyawan,
  4. surat pengunduran diri resmi,
  5. surat pengunduran diri dari perusahaan,
  6. surat pengunduran diri doc,
  7. surat pengunduran diri bahasa inggris,
  8. surat pengunduran diri dari sekolah,
  9. surat pengunduran diri dari pekerjaan,
  10. surat pengunduran diri dari organisasi

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan

0 komentar:

Post a Comment