Wednesday, February 17, 2016

Contoh Surat Gugatan Cerai yang Benar

Advertisement

Surat peceraian ialah surat yang ditujukan oleh suami kepeda pengadilan agama setempat yang dimana tujuannya sendiri adalah untuk proses perceraannya. Admin sarankan sebaiknya peceraian menjadi pilihan terakhir bagi anda pasangan suami istri setelah berbagai upaya yang ditempuh untuk menjaga keutuhan runmah tangga anda. Sebenarnya admin sendiri tidak mau membahas soal surat perceraian karana sifatnya terlanlu sensitif, tapi ada beberapa pembaca blog ini yang sedang membutuhkan contoh surat gugatan cerai. Oleh karena itu admin tidak mau mengecewakan para pembaca blog ini.

Perceraian sendiri sudah diatur dalam hukum Indonesia yang terdapat dalam UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (“UUPerkawinan”) serta Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan(“PP 9/1975”).
surat cerai, contoh surat cerai, surat pernyataan cerai, contoh surat cerai download, contoh surat cerai talak, surat cerai nikah siri, surat cerai gugat, surat cerai talak
Contoh Surat Gugatan Cerai yang Benar

Perceraian diatur dalam Pasal 39 UU Perkawinan yang berbunyi

  1. Perceraian hanya dapat dilakukan di depan Sidang Pengadilan setelah Pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. 
  2. Untuk melakukan perceraian harus ada cukup alasan, bahwa antara suami isteri itu tidak akan dapat hidup rukun sebagai suami isteri. 
  3. Tatacara perceraian di depan sidang Pengadilan diatur dalam peraturan perundangan tersendiri.
  4. Secera hukum mungkin anda sudah mengerti, mungkin untuk contoh surat gugatan perceraian sudah admin suapkan dibawah ini. Admin doakan semoga masalah yang sedang menimpa anda cepeat terseleaikan ya.
Contoh Surat Permohonan Cerai Talak oleh Suami merupakan surat yang diajukan oleh Suami kepada Pengadilan Agama setempat. Tujuannya tentu saja untuk proses perceraian. Yha apabila selalu terjadi hal-hal yang tidak baik dalam pernikahan, solusi terakhir adalah perceraian. Untu mengurus proses perceraian secara hukum, dibutuhkan permohonan cerai ke pengadilan agama setempat. Dalam pembuatan surat permohonan cerai talak, bisa dilakukan oleh suami ataupun istri. Tentu isinya berbeda yhaa (walapupun tujuanyna sama). Nah pada postingan kali ini contohsuratindonesia.com akan memberikan contoh nya yang kami dapat dari situs resmi pengadilan agama sleman, jogjakarta. Di file word yang kami berikan juga terdapat cara- cara pengisian dan pembuatan dari contoh surat ini. 

surat cerai, contoh surat cerai, surat pernyataan cerai, contoh surat cerai download, contoh surat cerai talak, surat cerai nikah siri, surat cerai gugat, surat cerai talak

Contoh Surat Permohonan Cerai Talak oleh Suami

Diketik ulang rangkap 8 (delapan), diketik dengan KOMPUTER.
Tidak boleh ada . . . . . . . (titik-titik), dan tidak diisi dengan tulisan tangan.

Sleman, ........................................
Hal : Permohonan Cerai Talak
Kepada
Yth. Ketua Pengadilan Agama Sleman
di-SLEMAN
Assalamu'alaikum wr. wb.
Kami yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : ........................................Bin..............................................................
Umur : ..............................................................................................................
Agama: ……………………………………………………………………………...
Pendidikan terakhir:…………………………………………………………………
Pekerjaan : ......................................................................................................
Tempat kediaman di : ………………………………………………………………
Selanjutnya disebut sebagai Pemohon.

Dengan hormat, Pemohon mengajukan permohonan cerai terhadap suami saya:

Nama : ........................................Binti..............................................................
Umur : ..............................................................................................................
Agama: ……………………………………………………………………………...
Pendidikan terakhir:…………………………………………………………………
Pekerjaan : ......................................................................................................
Tempat kediaman di : ………………………………………………………………
(Bila Isteri anda tidak diketahahui tempat tinggalnya lagi atau GHOIB, maka tuliskan alamat terakhir isteri anda ditambah dengan “sekarang tidak diketahui tempat tinggalnya yang jelas dan pasti diseluruh wilayah Republik Indonesia”)
Selanjutnya disebut sebagai Termohon.

Adapun alasan/dalil - dalil permohonan Pemohon sebagai berikut :
1.     Bahwa Pemohon dengan Termohon adalah suami istri yang melangsungkan pernikahan pada tanggal ......................................, dan dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan ................................... sesuai Kutipan Akta Nikah Nomor : ............................................ tanggal ....................................................(isikan data Nomor dan Tanggal duplikat buku nikah, jika anda menggunakan duplikat akta nikah)
2. Bahwa setelah pernikahan tersebut Pemohon dengan Termohon bertempat tinggal di………………………………………………… kemudian pindah di………………………………………………………………….. selama ….tahun … bulan dan selama 2 pernikahan tersebut Pemohon dengan Termohon telah rukun baik sebagaimana layaknya suami istri dan telah di karena ....... anak masing masing bernama :
a) ............................................................... lahir tanggal .............................
b) ............................................................... lahir tanggal ................................
c) ............................................................... lahir tanggal ...............................
d) ............................................................... lahir tanggal .........................................
Ke .... anak tersebut dalam asuhan .................................................................

3. Bahwa pada mulanya rumah tangga Pemohon dan Termohon dalam keadaan rukun namun sejak bulan .................... tahun .................. ketentraman rumah tangga Pemohon dengan Termohon mulai goyah, yaitu antara Pemohon dengan Termohon sering terjadi perselisihan dan pertengkaran yang penyebabnya antara lain :
(Lihat contoh alasan dibawah pilih salah satu )*

4. Bahwa Perselisihan dan pertengkaran itu berkelanjutan terus-menerus sehingga akhirnya sejak tanggal ……… bulan …………. Tahun ………….. hingga sekarang selama kurang lebih ………..tahun ……… bulan, Pemohon dan Termohon telah berpisah tempat tinggal/berpisah ranjang karena Pemohon/Termohon*) telah pergi meninggalkan tempat kediaman bersama, yang mana dalam pisah rumah tersebut saat ini Pemohon bertempat tinggal di ………………………………….dan Termohon bertempat tinggal di ………………………………….. dan selama itu sudah tidak ada hubungan lagi;

5. Bahwa adanya perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus tersebut mengakibatkan rumah tangga Pemohon dan Termohon tidak ada kebahagiaan lahir dan batin dan tidak ada harapan untuk kembali membina rumah tangga;

6. Bahwa pihak keluarga sudah berusaha mendamaikan Pemohon dan Termohon namun tidak berhasil.

7. Bahwa atas dasar uraian diatas permohonan Pemohon telah memenuhi alasan perceraian sebagaimana diatur dalam Undang- Undang No.1 tahun 1974 Jo. Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1975 pasal 19 Jo. Kompilasi Hukum Islam pasal 116.

8 Bahwa Pemohon sanggup membayar seluruh biaya yang timbul akibat perkara ini.

Berdasarkan alasan/dalil-dalil diatas, Pemohon mohon agar Ketua Pengadilan Agama Kelas Sleman segera memeriksa dan mengadili perkara ini, selanjutnya menjatuhkan putusan yang amarnya sebagai berikut :
PRIMAIR
1.    Mengabulkan permohonan Pemohon;
2.    Memberikan ijin kepada Pemohon …………………………………. untuk menjatuhkan talak satu raj’i kepada Termohon ……………………………………… di hadapan sidang Pengadilan Agama Sleman;
3.    Membebankan biaya perkara menurut Hukum;
SUBSIDAIR
Atau menjatuhkan putusan lain yang seadil-adilnya;

Demikian atas terkabulnya permohonan ini, Pemohon menyampaikan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
Hormat Pemohon,


  Tanda tangan tanpa materai
(………………………………………….)

Pengunjung juga mencari:
  • surat cerai
  • contoh surat cerai
  • surat pernyataan cerai
  • contoh surat cerai download
  • contoh surat cerai talak
  • surat cerai nikah siri
  • surat cerai gugat
  • surat cerai talak

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Gugatan Cerai yang Benar

0 komentar:

Post a Comment