Tuesday, January 24, 2017

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Berobat

Advertisement

SKTM adalah Surat Keterangan Tidak Mampu. Surat ini diberikan kepada warga yang memang secara nyata tidak mampu membiayai pengobatan atas sakit yang dideritanya. Tapi masih ada kebingungan diantara warga yang membutuhkan. Tetapi sebenarnya mudah saja membuat SKTM itu.
 

Cara Menbuat Surat Keterangan Tidak Mampu

Membuat surat rujukan dari pengurus RT

Hal yang pertama adalah membuat laporan kepada pihak pengurus RT setempat. Apa penyakit yang sedang di derita dan kira-kira gambarannya biayanya. Tidak ada salahnya konsultasikan dahulu kondisi yang sedang dihadapi kepada pengurus RT. Sebab, sebagai wakil pemerintah dilingkup terkecil, mereka wajib mengetahui kondisi kebutuhan warganya.
 
Setelah mendapat surat rujukan dari pengurus RT, maka langkah berikutnya adalah bertemu dengan pengurus RW, Kelurahan, Kecamatan dan Puskesmas Tingkat Kecamatan. Pada tingkat-tingkat ini, sebenarnya mereka menguatkan bahwa kondisi yang terjadi adalah benar adanya.
 
Selanjutnya petugas dari Puskesmas Kecamatan, akan mensurvei tempat tinggal kita. Mengadakan sedikit Tanya jawab dengan warga yang sakit, keadaan ekonomi secara lebih lengkap dan detail. Hal ini perlu, karena akan berpengaruh dengan keringanan biaya pengobatan nantinya.
 
Setelah selesai, maka surat tadi diproses dengan membubuhkan tanda tangan dan cap dari Kelurahan, Kecamatan dan Puskesmas setempat.
 

Menyerahkan SKTM ke RSUD

Ada baiknya, surat-surat yang diperlukan di fotocopy lebih dari 5 lembar, supaya ketika kita membutuhkan, kita tidak perlu terbirit-birit ke tempat Fotocopy… Jauh, antri, kemrungsung… wuih.. Nah, kalau sudah dipersiapkan termasuk atk, kita akan lebih tenang.
 
Selanjutnya, surat tersebut diserahkan ke RSUD terdekat tempat kita berobat sebelumnya. Di sini, surat rekomendasi SKTM tadi akan diproses lebih lanjut. Dan apakah bias ditangani di RSUD tersebut atau harus ke rumah sakit besar. Kalau masuk ke rumah sakit besar, maka kita memerlukan surat pengantar dari RSUD ke Rumah Sakit besar tadi.
 
surat keterangan tidak mampu untuk berobat, contoh surat keterangan tidak mampu untuk berobat, contoh surat keterangan tidak mampu untuk beasiswa, contoh surat keterangan tidak mampu dari rt, cara membuat surat keterangan tidak mampu, surat pernyataan tidak mampu dari orang tua, contoh surat keterangan tidak mampu dari sekolah, contoh surat keterangan tidak mampu untuk bidik misi, contoh surat keterangan tidak mampu doc,
Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Berobat

Proses Panjang

Sebenarnya nggak juga. Dengan kondisi yang tidak sehat, segala pikiran akan menjadi cepat tersulut. Misalnya, harus menunggu 5 menit saja, terasanya lama sekali. Nah, untuk itu dibutuhkan kesabaran yang sangat ekstra.
 
Biasanya, pengguna SKTM mempunyai kewajiban tertentu. Kita harus memenuhi persayaran hanya dengan membubuhkan stample dari bagian SKTM. Misalnya, ketika selesai konsultasi dengan dokter, lembaran kwitansi tadi harus di stample oleh bagian SKTM. Dari bagian itu, kembali lagi ke loket pemeriksaan. Jika ada resep, ya sama juga routenya. Sekali lagi, ini yang membutuhkan kesabaran ekstra besar.
 
Nah, kalau perlu perawatan maka bagian SKTM di rumah sakit besar itu, mewajibkan kita membawa Surat Jaminan ke Suku Dinas Kesehatan Wilayah Kota. Misalnya Sudin Kesehatan Jakarta Timur, Barat dan seterusnya. Dari situ juga akan dikeluarkan surat jaminan yang ditujukan kepada Rumah Sakit Besar.
 

Sangat Menolong

Kalau mau tau berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pengurusan SKTM? Jawabannya adalah tidak ada. Cuma transportasi dan biaya fotocopy saja. Dan berapa pengurangan biaya bagi pemegang SKTM?
 
  1. 50% : Kondisi Standar
  2. 25% : Kondisi tidak mampu sama sekali
  3. Gratis sama sekali bagi Keluarga Miskin

Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Berobat

 
KOP DESA/KELURAHAN
 
SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU
No. 470. /VI.08.13……… / X /2011

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Sinar Rejeki Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan menerangkan dengan sebenarnya bahwa :
Nama                     : PAISOL
Tempat Tgl Lahir     : Jawa Tengah, 04 April 1954
Jenis Kelamin          : Laki-laki
Agama                   : Islam
Pekerjaan               : Petani Pekebun
Alamat                   : Dusun Sukamaju. A RT/RW 04/02 Desa Sinar Rejeki
                                Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Adalah benar warga Desa Sinar Rejeki yang dalam pengamatan kami adalah keluarga tidak mampu. Dan Surat Keterangan tidak mampu ini dipergunakan untuk berobat anaknya :
Nama                     : EDI
Tempat Tgl Lahir     : Sinar Rejeki, 15 November 1991
Jenis Kelamin          : Laki-laki
Agama                   : Islam
Pekerjaan               : Petani Pekebun
NIK                        : 1801131511810005
Alamat                   : Dusun Sukamaju. A RT/RW 04/02 Desa Sinar Rejeki
  Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan

Demikian Surat Keterangan Tidak Mampu ini kami buat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sinar Rejeki, 24 Januari 2017
Kepala Desa Sinar Rejeki 


Drs. DARYANTO
 
So, bagi kita yang mengetahui warga atau tetangga yang membutuhkan, kenapa ngak kita tolong dengan membantau proses pembuatan SKTM? Dan SKTM ini bukan saja karena anggaran dari pemerintah, kita yang setiap saat dipotong Pajak, ikut juga menolong warga dan tetanga yang berkesusahan.
 
Selamat mencoba dan bermanfaat serta lekas sembuh..
 
Pengunjung juga mencari:
  • surat keterangan tidak mampu untuk berobat
  • contoh surat keterangan tidak mampu untuk berobat
  • contoh surat keterangan tidak mampu untuk beasiswa
  • contoh surat keterangan tidak mampu dari rt
  • cara membuat surat keterangan tidak mampu
  • surat pernyataan tidak mampu dari orang tua
  • contoh surat keterangan tidak mampu dari sekolah
  • contoh surat keterangan tidak mampu untuk bidik misi
  • contoh surat keterangan tidak mampu doc

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu untuk Berobat

0 komentar:

Post a Comment